Articles

Print

Cepat Mahir Belajar Gitar Otodidak

Written by Cmedia.

JagoMaenGitarDrNolApa saja yang perlu dikuasai agar mahir bermain gitar? Paling tidak ada tiga hal, yaitu mengerti fungsi-fungsi setiap komponen gitar, mengerti picking dan strumming, dan memahami akor gitar. Fungsi-fungsi komponen gitar meliputi senar dan papan jari (finger board). Sedangkan picking adalah memetik senar gitar dengan cara dipetik satu persatu. Dan, strumming adalah memetik senar gitar secara bersamaan.

 

Teknik memetik gitar biasanya menggunakan jari tangan kanan. Semua jari bisa digunakan untuk memetik, tetapi pada umumnya hanya empat jari, yaitu ibu jari, telunjuk, jari tengah, dan jari manis. Selain dengan jari, teknik petik atau strumming bisa menggunakan alat bantu dengan menggunakan pick. Alat ini bisa menghasilkan suara yang lebih jelas dan fasih.

Sedangkan jari tangan kiri berguna untuk menekan senar, yaitu empat jari yang terdiri dari jari telunjuk, jari tengah, jari manis, dan jari kelingking. Sedangkan ibu jari hanya digunakan untuk menahan stang (neck) pada bagian belakang gitar untuk menghasilkan tenaga bagi jari-jari lainnya menekan senar.

Untuk memetik gitar, usahakan jari sesantai mungkin. Hanya jari yang bergerak jika menggunakan jari. Jika menggunakan pick, gerakkan dari atas ke bawah dan sebaliknya, tangan relax dan usahakan pergelangan tangan saja yang bergerak untuk membantu memetik. Begitu juga dengan strumming, senar diritmix/digenjreng dari atas ke bawah dan sebaliknya, usahakan juga hanya pergelangan tangan yang bergerak untuk membantu ritmik.

Sementara itu, akor merupakan nada-nada yang dibunyikan secara bersamaan. Akor pada dasarnya menggunakan tiga nada, yaitu nada ke-1 (Do), nada ke-3 (Mi), dan nada ke-5 (Sol), sesuai tangga nada diatonis yang digunakan menurut nada dasarnya. Akor terdiri dari akor dasar dan variasi akor. Fungsi akor bertujuan untuk memberika irama pada sebuah lagu, penentu notasi serta perpindahan nada, pemberi nada lagu, dan sebagai dasar pembuatan notasi, nada, serta melodi pada lagu.

Selanjutnya, bagaimana cara memainkan gitar sesuai akor dalam mengiringi lagu? Nah, buku Jago Main Gitar Dari Nol untuk Pemula ini akan mengajarkan Anda hingga mahir bermain gitar. Buku terbitan C-Media ini merupakan buku panduan yang menyajikan teknik belajar cepat menguasai gitar secara otodidak.

Selain itu, di dalam buku yang disusun Derry Asriadi ini dijelaskan secara detail dan mudah dimengerti tentang teknik cepat menguasai improvisasi melodi gitar lagu-lagu terbaru dan terpopuler. Buku ini bisa dipergunakan oleh seorang awam sekalipun dalam belajar bermain gitar dengan menguasai teknik-tekniknya hingga mahir. Setiap kunci dan akor dilengkapi dengan gambar letak jari pada titik-titik senar yang harus ditekan sehingga Anda mudah mengaplikasikannya langsung, sekalipun tanpa seorang pembimbing.